Harga Beras Mahal, Pemerintah Perluas Jangkauan Operasi Pasar

Michael Reily
9 Januari 2018, 14:56
Beras Bulog
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Perdagangan dan Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) memperluas jangkauan operasi pasar hingga 1.800 titik jual secara nasional, dari sebelumnya hanya 1.100 titik. Operasi pasar terus digelar karena kenaikan harga akibat rendahnya produksi beras nasional.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, beras medium dalam operasi pasar ini dujual dengan harga Rp 9.300 per kilogram. “Pelepasan operasi pasar beras diawali di 10 pasar di wilayah DKI Jakarta dan diikuti secara serentak di seluruh wilayah Indonesia hingga akhir Maret 2018,” kata Enggar di Jakarta, Selasa (9/1).

Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga beras kualitas medium sudah mencapai Rp 12.050 per kilogram. Jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Kementerian Perdagangan, Rp 9.450, Rp 9.950, dan Rp 10.250.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti pun mengakui operasi pasar yang dilakukan belum berhasil menurunkan harga beras di pasar. “Sejak November kami sudah lakukan operasi pasar, kuantitas dan jangkauannya masih belum cukup meredam pergerakan harga yang ada,” kata Djarot.

(Baca juga: Stok Bulog Menipis, Harga Beras Diprediksi Bakal Naik Hingga Maret)

Ia mengakui Bulog telah menggelontorkan 50 ribu ton beras dalam operasi pasar secara nasional. Rata-rata beras cadangan pemerintah yang digunakan setiap harinya mencapai 13 ribu ton.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa menilai, dengan kapasitas stok yang minim, operasi pasar Bulog tak akan efektif menekan kenaikan harga. Ia pun memprediksi kenaikan harga beras bakal terjadi hingga Maret. Alasannya, data surplus produksi 17,4 juta ton yang diklaim Kementerian Pertanian tidak ada buktinya.

“Karena data pasokan sudah sama sekali tidak digunakan untuk kebijakan, kita harus lihat data pergerakan harga,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...