KAI Angkut 4,85 Juta Penumpang pada Libur Natal & Tahun Baru 2018

Safrezi Fitra
9 Januari 2018, 14:08
Mudik Kereta Api
Arief Kamaludin | Katadata

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat telah mengangkut 4,85 juta penumpang sepanjang liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru). Operator kereta api pelat merah ini mengklaim penyelenggaraan anggkutan Nataru berjalan dengan aman dan lancar tanpa kendala.

"Pelaksaan angkutan Nataru ini sama dengan tahun lalu, kami mencapai zero accident. Jadi, tidak ada halangan atau rintangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mudik maupun kembali lagi ke kota-kota besar," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta Railway Center, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Edi mengatakan jumlah penumpang yang diangkut sepanjang 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018 naik 5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dia merinci jumlah penumpang tersebut terdiri dari 571 ribu penumpang kereta api (KA) kelas eksekutif, 282 ribu penumpang KA bisnis, 1,7 juta penumpang KA ekonomi, dan 2,2 juta penumpang KA lokal.

(Baca: 2017, Angkasa Pura II Layani 70 Juta Penumpang di Jabodetabek)

Ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta juga lebih tinggi pada Nataru sekarang, baik untuk kereta reguler, maupun kereta tambahan. KA Reguler pada libur Nataru tahun lalu tercatat 97 persen berangkat tepat waktu dan datang 36 persen. Sedangkan untuk tahun ini, keberangkatan tepat waktu mencapai 99 persen dan kedatangan meningkat dengan 56 persen tepat waktu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...