Sri Mulyani: Kapal Pencuri Ikan Bisa Jadi Aset Negara

Rizky Alika
11 Januari 2018, 18:28
sri mulyani
Arief Kamaludin|Katadata

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati turut angkat bicara soal polemik penenggelaman kapal pencuri ikan. Menurutnya, ketimbang ditenggelamkan, kapal-kapal yang tertangkap itu bisa disita untuk menjadi aset negara.

“Sekarang belum, tapi nanti kita akan liat saja sebetulnya strategi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan bagaimana intruksi Presiden agar kapal-kapal itu bisa didayagunakan,” ujar Sri Mulyani di Perpustakaan Nasional, Kamis (11/1).

Menurutnya, dengan pengelolaan yang baik, kapal-kapal sitaan yang menjadi aset negara dapat diberdayakan untuk mendukung aktivitas ekonomi nelayan. Bahkan, ia siap membantu melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

“Kita akan lihat apa yang akan dilakukan Bu Susi di dalam menangani kapal-kapal yang dianggap illegal, bagaimana mengelola asetnya. Kami akan membantu sepenuhnya,” ujar dia.

(Baca juga:  Setop Penenggelaman Kapal, Kalla: Ada Protes dari Negara Lain)

Sebelumnya, Sri menjelaskan, kapal asing pencuri ikan yang tertangkap sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk aset negara, asalkan melalui proses hukum yang benar.

"Pada dasarnya, kalau suatu barang yang diambil alih oleh negara melalui suatu proses hukum yang benar, dia bisa menjadi aset negara. Tentu saja itu bisa dimanfaatkan bagi kita," katanya setelah acara ulang tahun LMAN, Jakarta Rabu (10/1).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika, Pingit Aria
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...