BI Bekukan Isi Ulang, Shopee dan Tokopedia Masih Putar Uang Elektronik

Desy Setyowati
16 Januari 2018, 20:23
Shopee
ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Chief Executive Officer Shopee Chris Fang (tengah kiri), Head Of Operations Shopee Handhika Jahja (tengah kanan), Vice President Consumer Deposit Bank Mandiri Anki Tienannsari (kanan) dan aktor Gading Marten (kiri) meresmikan promosi aplikasi mobile belan

Bank Indonesia (BI) telah membekukan fitur isi ulang (top up) uang elektronik milik beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak sejak September 2017 karena belum berizin. Namun, floating fund mereka tetap mengalir dari transaksi jual-beli para penggunanya.

Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna menjelaskan, begitu ada transaksi, uang pembeli akan masuk melalui rekening bersama milik Shopee. Dana tersebut kemudian dikirim ke akun ShopeePay milik penjual begitu barang diterima pembeli.

Oleh pembeli, dana yang tersimpan di ShopeePay dapat dibelanjakan barang lain, atau ditarik ke rekeningnya. Proses penarikan dana dari ShopeePay ke rekening pembeli ini bisa sampai dua hari, tanpa dikenakan biaya.

“Sekarang sistemnya kami tampung dulu di Shopeepay," ujar Monica usai menghadiri acara kick off roadshow kampus shopee 2018 di Roemah Kuliner, Jakarta, Selasa (16/1).

(Baca juga:  Bukalapak Alami Kerugian Akibat Pembekuan Uang Elektronik)

Proses penarikan dana tersebut, menurut Monica, sepenuhnya diserahkan pada pemilik akun. "Tergantung dia mau taruh hari ini atau mau automatic mingguan, bisa dia atur sendiri di aplikasinya," tutur Monica.

Tak hanya Shopee, Tokopedia melalui Tokocash serta Bukalapak lewat Bukadompet pun menjalankan praktik serupa. Di Tokopedia, para pedagang besar yang berstatus Gold Merchant dapat memberikan bonus belanja berupa cashback antara 3-5% ke TokoCash pembeli.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...