Kementerian BUMN Pastikan PGN Segera Akuisisi Pertagas

Image title
17 Januari 2018, 15:55
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk akan segera mengakuisisi anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bisnis gas, yakni PT Pertamina Gas. Ini merupakan rangkaian dari rencana pemerintah membentuk perusahaan induk (holding) BUMN di sektor minyak dan gas (migas).

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah menjelaskan skema akuisisi ini adalah Perusahaan Gas Negara (PGN) akan membeli Pertagas. Dengan begitu, semua bisnis gas akan dipegang oleh PGN. Adapun PGN akan menjadi anak usaha Pertamina.

"Pertamina adalah holding migas. Pertamina punya bisnis-bisnis yang mengurus hulu, ada yang urus hilir, dan ada yang urus gas," ujarnya di Hotel Le Meridien, Jakarta, pada Rabu (17/1) usai mengisi seminar BUMN Outlook 2018. (Baca: Menteri Rini Targetkan Holding BUMN Migas Terbentuk Maret 2018)

Terkait dengan akuisisi Pertagas oleh PGN, Kementerian telah melakukan kajian lebih mendalam. Saat ini prosesnya masih harus menunggu keputusan Menteri Keuangan. Namun, Edwin belum bisa memastikan kapan jadwal akuisisi ini dilakukan.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) PGN telah melaporkan akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 26 Januari 2018. Belum jelas, apakah RUPSLB ini akan memutuskan akuisisi Pertagas atau pembentukan holding BUMN migas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...