Lazada Ajak UKM Indonesia Ekspor ke 5 Negara Tahun Ini

Desy Setyowati
17 Januari 2018, 17:43
Lazada e-commerce
Arief Kamaludin|KATADATA

Lazada Indonesia akan membawa produk dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia untuk diekspor ke 5 negara tahun ini. Saat ini, Lazada merupakan wadah bagi 65 ribu penjual yang didominasi oleh UKM.

Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia Achmad Alkatiri menyatakan, program ekspor tersebut merupakan hasil diskusi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Advertisement

"Ini untuk UKM yang memproduksi sendiri. Mereka akan bisa jualan di enam negara lazada. Semoga tahun ini," kata dia saat konferensi pers di Agro Plaza, Jakarta, Rabu (17/1). Keenam negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Achmad pun mengakui bahwa selama ini produk yang dijual di Lazada merupakan hasil impor. "Sebagian besar seller ini ambil barang dari luar, jadi bukan Lazada yang impor. Dia (penjual) beli dari pemasok yang barangnya bukan produk lokal," ujarnya.

(Baca juga: Bisnis Digital di Indonesia Masih Dilirik Investor Asing)

Hanya, untuk menuju pasar ekspor, yang perlu diperhatikan adalah kesiapan UKM itu sendiri untuk menghasilkan produk yang cukup banyak, dengan kualitas yang terjaga. “UKM harus produksi barangnya dalam skala besar," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement