Bahana Targetkan Porsi Investor Retail Reksadana Naik Jadi 25%

Image title
18 Januari 2018, 10:33
Indeks Perdagangan Saham Terhenti
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pekerja membersihkan kaca layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mengalami gangguan di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Senin (10/7).

PT Bahana TCW Investment Management memperkirakan jumlah investor retail akan meningkat tahun ini. Perkembangan industri reksadana membuat produk investasi retail akan semakin diminati masyarakat. Oleh karena itu, Bahana optimistis jumlah investor retailnya akan naik cukup besar tahun ini.

"Pemahaman investor retail terhadap produk reksadana jauh lebih baik dan tingkat optimis investor untuk berinvestasi juga lebih tinggi," ujar Presiden Direktur Bahana TCW Edward Lubis pada rilis terkait acara jumpa pers Catatan Akhir Tahun 2017 yang diselenggarakan di The Energy Building, Rabu (17/1).

Bahana termasuk dalam tiga besar perusahaan Manajer Investasi Terbesar di industri reksa dana Indonesia sepanjang 2017. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah membukukan total dana kelolaan sebesar Rp 48,2 trilliun. Kontribusi terbesarnya berasal dari produk reksadana pasar uang dan pendapatan tetap atau obligasi.

Edward optimistis Bahana TCW dapat mencapai target total dana kelolaan (AUM) hingga Rp 55 trilliun di tahun 2018. Salah satu pendorongnya kondisi makro ekonomi Indonesia di 2018 yang akan diwarnai dengan Pilkada serentak di berbagai daerah. Acara tahunan IMF-World Bank dan Asian Games tahun ini juga akan membawa modal masuk capital inflow yang besar, terutama ke pasar modal Indonesia. (Baca: Saham Sektor Konsumer Dinilai Punya Prospek Bagus di Tahun Politik)

Berdasarkan catatan Bahana TCW, Dari total dana kelolaan pada tahun 2017 lalu, mayoritas dana berasal dari investor institusional. Kontribusinya mencapai 83,6 persen. Sedangkan, dari investor di sektor retail masih sekitar 16,4 persen. Dia menargetkan kontribusi investor retail terhadap dana kelolaan akan meningkat hingga 25 persen di tahun ini.

“Untuk itu, kami akan berusaha lebih agresif untuk meningkatkan jumlah investor retail di dalam produk-produk reksa dana Bahana,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...