Pertamina Beli Gas EMP Bentu untuk Kebutuhan Kilang Dumai

Anggita Rezki Amelia
19 Januari 2018, 18:59
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) membeli gas bumi dari EMP Bentu Limited. Gas ini nantinya akan digunakan untuk mendukung kegiatan proyek peningkatan kapasitas (Refinery Development Master Plant/RDMP) di kilang Dumai.

Penandatanganan kerja sama jual beli gas, dilakukan oleh Direktur Gas Pertamina Yenni Andayani dengan CEO EMP Bentu Limited Imam P. Agustino di Kantor Pusat Pertamina. PJBG akan berlangsung selama empat tahun mulai bulan Oktober 2018 sampai Mei 2021, dengan total volume kontrak sebesar 56 triliun british thermal unit (TBTU). 

Advertisement

Direktur Gas Pertamina Yenni Andayani mengatakan gas tersebut akan untuk kebutuhan kilang Dumai yang terbagi dari tahap konversi mulai pertengahan tahun 2018 hingga 2020 dengan volume 57 mmscfd. Kemudian tahun 2021 sampai dengan pelaksanaan proyek RDMP memerlukan volume gas sebesar 120 MMSCFD.

Dengan penandatanganan ini harapannya pendayagunaan gas meningkat. Selain itu, konversi bahan bakar di kilang juga dapat dilakukan seiring dengan pengembangan infrastruktur transmisi maupun distribusi. “Pemenuhan gas ini akan mendorong peningkatan produksi kilang dalam memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional yang berkualitas dan berstandar EURO IV/V,” kata Yenni berdasarkan keterangan resminya, Jumat (19/1).

Chief Executive Officer (CEO) EMP Bentu Limited Imam P Agustino mengatakan sinergi ini dengan Pertamina ini merupakan yang pertama bagi perusahaannya. Harapannya ke depan bisa berlanjut dengan kerja sama lainnya. “Kami memiliki banyak wilayah kerja dengan hasil gas yang bisa memenuhi kebutuhan mitra, sehingga ke depan berharap masih bisa bekerjasama dengan Pertamina,”ujjar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement