Kementerian PUPR Akan Fungsikan 85 Km Tol Trans Jawa pada Lebaran 2018

Ameidyo Daud Nasution
30 Januari 2018, 19:34
Infrastruktur Tol Salatiga
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pemerintah memastikan akan ada 85 kilometer (km) jalan tol Trans Jawa yang difungsikan pada musim mudik lebaran tahun ini. Tol fungsional tersebut berada di ruas Pemalang - Batang sepanjang 23 km, Salatiga - Solo sepanjang 32 km, serta Ngawi - Kertosono porsi pemerintah sepanjang 30 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan dengan difungsikan 85 kilometer ini, pemudik akan bisa mengakses tol dari Jakarta hingga Surabaya. Sedangkan ruas lain di Trans Jawa ditargetkan telah beroperasi secara penuh saat lebaran mendatang.

Advertisement

"Bahkan bukan jalan darurat (seperti 2017), tapi sudah pengerasan," kata Herry usai rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (31/1).

(Baca: Pemerintah Dorong Jasa Marga Jadi Operator Semua Tol Trans Jawa)

Dia menyatakan sejak hari ini hingga jelang lebaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mengevaluasi kondisi jalan akses dan tol ini. Kementerian juga akan mempersiapkan tempat peristirahatan (rest area) serta mempersiapkan petugas tol yang membawa mobile reader untuk mengurangi kepadatan antrian, termasuk fasilitas isi ulang (top up) uang elektronik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement