BTN Targetkan Laba Bersih Tahun Ini Tumbuh 25%

Image title
13 Februari 2018, 17:44
btn-bank-tabungan-negara-2.jpg

PT Bank Tabungan Negara/BTN (Persero) Tbk membukukan laba bersih tahun lalu senilai Rp 3,02 triliun atau naik 15,59 persen dibandingkan perolehan 2016. Tahun ini bank pelat merah tersebut sangat optimistis dengan menargetkan pertumbuhan laba yang sangat tinggi.

"Net profit kami ini akan menjadi lebih besar lagi. Peningkatannya itu akan lebih besar, 25 persen. Target NPL (rasio kredit bermasalah) kami yaitu antara 2,3-2,5 persen," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam konferensi pers di Menara BTN, Jakarta, Selasa (13/2).

Peningkatan laba tahun ini akan dikejar dengan target pertumbuhan pembiayaan dan kredit sebesar 22-24 persen, serta target simpanan yang tumbuh 19-22 persen dengan margin bunga bersih (net interest margin/NIM) 4,5-5 persen.

Melihat dua tahun ke belakang, BTN sebenarnya telah berhasil membukukan pertumbuhan laba 2016 hingga 41 persen, kemudian melambat di tahun lalu. Meski begitu, Maryono tidak menjelaskan apa yang menyebabkan perlambatan ini.

(Baca: Survei: Milenial Pilih Pelesir, Beli Gawai & Mobil Ketimbang Properti)

Dia hanya mengatakan capaian laba 2017 ditopang penyaluran kredit dan pembiayaan yang naik 21,01 persen menjadi Rp 198,99 triliun. "Capaian tersebut karena berbagai transformasi dan inovasi dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah," ujarnya.

Kredit perumahan Bank BTN memang masih mendominasi komposisi pinjaman bank plat merah tersebut.  Sekitar 90,07 persen total kredit yang disalurkan BTN tahun lalu adalah KPR. Tahun lalu, kredit perumahan ini tumbuh 21,14 persen dari tahun sebelumnya menjadi Rp 179,22 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...