Obligasi SMF Kelebihan Permintaan 2 Kali

Image title
21 Februari 2018, 14:39
PT Sarana Multigriya Finance (Persero)
SMF
PT Sarana Multigriya Finance (Persero) menerbitkan obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV tahap III Tahun 2018 senilai Rp 2 triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menerbitkan obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV tahap III Tahun 2018 senilai Rp 2 triliun. Dalam masa penawaran surat utang ini mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe).

"Minat investor yang masuk pada saat book building untuk obligasi ini melebihi target yaitu mencapai Rp 4 triliun. Namun yang kami ambil hanya Rp 2 triliun sesuai target awal penerbitan,” ujar Direktur Utama Ananta Wiyogo di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (21/2).

Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari PUB IV yang diupayakan SMF dalam menghimpun dana dengan target sebesar Rp 12 triliun. Dana yang diperoleh, rencananya akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada lembaga Penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

(Baca: Dukung Program Sejuta Rumah, BTN Targetkan 750 Ribu KPR Tahun Ini)

Ananta mengatakan bahwa penerbitan obligasi ini merupakan bentuk komitmen dari SMF sebagai penyedia likuiditas jangka menengah panjang bagi penyalur KPR. "Kami menggunakan dananya untuk operasional SMF, yaitu penyaluran dana jangka panjang kepada penyalur-penyalur KPR untuk nanti disalurkan kepada rakyat yang membutuhkan," ujarnya.

SMF menyatakan akan terus mendukung percepatan program sejuta rumah, salah satunya melalui penguatan penyaluran KPR di daerah. SMF telah bekerja sama dengan 25 Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam penyaluran KPR.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...