Elnusa Dapat Pinjaman dari Sindikasi Bank Asing Rp 1,1 Triliun

Arnold Sirait
23 Februari 2018, 18:20
Elnusa.jpg
KATADATA/

PT Elnusa Tbk menandatangani fasilitas kredit sindikasi sebesar US$ 80 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun. Dana ini akan dipakai untuk modal kerja proyek prospektif yang akan digarap Elnusa dan anak perusahaan.

Kreditur sindikasi ini terdiri dari beberapa bank. Mereka adalah Sumitomo Mitsui Banking Corporation Singapore Branch/ Bank Sumitomo Mitsui Indonesia, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (MUFG), Bank ICBC Indonesia (ICBC) dan Bank UOB Indonesia (UOB) yang bertindak selaku Mandated Lead Arranger dan Bookrunner.

Direktur Keuangan Elnusa, Budi Rahardjo mengatakan penandatanganan ini merupakan bentuk sinergi yang saling menguntungkan untuk masing-masing perusahaan. “Secara khusus, sinergi ini diharapkan dapat lebih membangun industri migas dan perbankan, dan secara umum membangun kapasitas nasional di Indonesia,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Jumat (23/2).

Fasilitas kredit senilai US$ 80 juta ini terbagi dalam Tranche A dan B. Elnusa akan menggunakan dana ini sebagai pendanaan secara umum (general purpose financing) dan membiayai proyek prospektif Elnusa dan anak usaha dalam dua tahun.

Kredit sindikasi itu penting karena belanja modal Elnusa tahun 2018 juga meningkat. Tahun ini Elnusa menganggarkan belanja modal sebesar Rp 400 miliar. Sedangkan tahun lalu hanya Rp 300 miliar.

Belanja modal tahun ini meningkat karena perusahaan menggunakan peralaatan berteknologi terbaru untuk pekerjaan seismik, serta menambah armada mobil tangki, barges dan lain-lain. “Secara umum, fasilitas pendanaan ini akan kami gunakan pada proyek-proyek strategis pengembangan bisnis, baik di hulu, hilir, maupun penunjang migas,” ujar Budi.

(Baca: Elnusa Rampungkan Seismik Laut 3D yang Diklaim Terbesar di Indonesia)

Hal ini dilakukan juga untuk memperkuat total solution services dan menggenjot pertumbuhan Elnusa ke depannya. Total Solution Services merupakan rangkaian jasa yang ditawarkan Elnusa sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk menyelesaikan permasalahan operasional secara komprehensif.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...