Elnusa Rombak Jajaran Direksi dan Komisaris

Anggita Rezki Amelia
5 Maret 2018, 18:37
Elnusa.jpg
KATADATA/

PT Elnusa Tbk merombak jajaran direksi dan komisaris. Ini merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa/RUPSLB.

RUPSLB kali ini memang hanya memiliki satu mata acara yang membahas perubahan susunan pengurus anggota direksi dan dewan komisaris. Mata acara ini diselenggarakan sesuai permintaan PT Pertamina (Persero) selaku pemegang saham yang mewakili 41,10% saham.

Manager of Corporate Communications Elnusa Wahyu Irfan mengatakan hasil RUPSLB menyetujui untuk memberhentikan dengan hormat Komisaris Utama  Syamsu Alam dan Komisaris Budhi Himawan. Kemudian memberhentikan dengan hormat juga Direktur Pengembangan Usaha Budhi N Pangaribuan.

Untuk mengisi posisi itu, RUPSLB mengangkat beberapa pejabat PT Pertamina (Persero). Mereka adalah Gigih Prakoso sebagai Komisaris Utama dan Narendra Widjajanto untuk posisi Komisaris.

Dengan begitu, susunan direksi terdiri dari empat orang. Perinciannya, Direktur Utama Tolingul Anwar, Direktur Operasi Elizar Parlindungan Hasibuan, Direktur Keuangan Budi Rahardjo, Direktur SDM & Umum RM Happy Paringhadi.

Sedangkan jajaran Komisaris ada lima. Mereka terdiri dari Komisaris Utama Gigih Prakoso (Baru), Komisaris Narendra Widjajanto (Baru), Komisaris Yudo Irianto. Komisaris Independen Rinaldi Firmansyah dan Komisaris Independen Pradana Ramadhian G.

Elnusa didukung enam anak perusahaan dengan kompetensi inti pada jasa produksi dan geosains; distribusi dan logistik energi; serta jasa penunjang. Komposisi kepemilikan saham Elnusa terdiri dari 41,1% oleh PT Pertamina (Persero), 14,9% oleh Dana Pensiun Pertamina dan sisanya dimiliki oleh publik.

(Baca: Peralihan Blok Mahakam Penyebab Kinerja Keuangan Elnusa Melorot)

Februari lalu, Elnusa melakukan penandatanganan fasilitas kredit sindikasi jangka panjang dari Kreditur Sindikasi sebesar USD80 juta atau sekitar Rp1,1 triliun (kurs Rp13.650/USD). Kreditur Sindikasi ini beranggotakan Sumitomo Mitsui Banking Corporation Singapore Branch/ Bank Sumitomo Mitsui Indonesia, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (MUFG), Bank ICBC Indonesia (ICBC) dan Bank UOB Indonesia (UOB) yang bertindak selaku Mandated Lead Arranger dan Bookrunner.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...