Warga Protes Kelangkaan, BPH Migas Minta Pertamina Tak Batasi Premium

Anggita Rezki Amelia
5 Maret 2018, 13:54
isi bbm
Arief Kamaludin|KATADATA

Badan Pengatur Hir Minyak dan Gas Bumi/BPH Migas meminta PT Pertamina (Persero) tidak membatasi penjualan Bahan Bakar Minyak/BBM jenis Premium. Ini karena masyarakat sudah mulai mengeluhkan adanya kelangkaan untuk produk tersebut.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan berdasarkan hasil temuan lapangan, ada beberapa wilayah seperti Lampung dan Riau yang mengalami kelangkaan Premium. “Di lampung mereka sudah pada demontrasi. Mahasiswa demonstrasi karena tidak ada Premium, malah menjual Pertalite,” ujar dia di Jakarta, Senin (5/3).

Fanshurullah tidak melarang Pertamina menjual Pertalite atau BBM khusus lainnya seperti Pertamax di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum/SPBU Pertamina. Namun, perusahaan pelat merah itu juga harus sediakan Premium.

Apalagi, ada aturan yang mewajibkan Pertamina menyalurkan Premium di luar Jawa, Madura, Bali (Jamali). “Kami instruksikan Pertamina, silakan mereka jual Pertalite, tapi kalau masyarakat masih butuh Premium harus tetap disalurkan, karena itu amanat Peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014,” ujar Fanshurullah.

Hasil kunjungan lapangan itu menunjukkan ada SPBU yang mengganti dispenser dan tangki timbun Premium ke Pertalite. Untuk itu Fanshurullah meminta Pertamina tetap menjalankan penugasannya untuk menyalurkan BBM premium sesuai volume yang telah ditetapkan pemerintah.

Tahun ini  Pertamina mendapatkan alokasi untuk menyalurkan premium 7,5 juta Kilo Liter (KL).  "Pertamina itu mengajukan 4 juta KL, tapi kami maunya 7,5 juta KL. Kami instruksikan Pertamina untuk tetap jual premium. ," ujar Fanshurullah.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...