Jokowi Tegur Para Pejabat Karena Sweeping Tenaga Kerja Asing

Ameidyo Daud Nasution
6 Maret 2018, 18:24
Jokowi
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM lantaran adanya sweeping terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA). Jokowi mengatakan hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan dari para pengguna TKA.

Menurut Jokowi, sweeping terhadap TKA dapat terjadi karena pengawasan yang dilakukan Kemenaker, Ditjen Imigrasi, serta instansi lainnya kerap berjalan sendiri-sendiri. Oleh sebab itu dia meminta adanya keterpaduan Kementerian dan Lembaga dalam mengawasi TKA.

(Baca: Jokowi Desak Menaker Segera Beri Kemudahan Izin Pekerja Ahli Asing)

"Saya mendapat laporan, pengguna TKA terganggu dan tidak nyaman karena merasa ada sweeping." ujarnya saat memberi pengantar rapat terbatas di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3).

Jokowi juga meminta perizinan soal Tenaga Kerja Asing tidak berbelit-belit apalagi TKA ini datang bersamaan dengan investasi masuk. Beberapa hal yang diminta penyederhanaannya oleh Jokowi antara lain Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) hingga Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

"Saya minta dijalankan lebih cepat dengan berbasis online," ujar Jokowi. (Baca: Pemerintah Bakal Permudah Izin Tenaga Kerja Asing Sektor Digital

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...