Persetujuan Pengembangan Blok Kasuri Tunggu Konsultasi Gubernur Papua

Anggita Rezki Amelia
6 Maret 2018, 20:49
Rig Minyak
Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM Ignasius Jonan belum menyetujui proposal rencana pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) di Blok Kasuri, Papua Barat. Alasannya karena masih perlu berkonsultasi dengan pemerintah daerah Papua.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Tunggal mengatakan secara prinsip Menteri ESDM sudah menyetujui PoD tersebut. Namun sebelum diteken resmi, perlu konsultasi dengan pemerintah daerah sebagai bagian dari prosedur persetujuan PoD pertama suatu blok migas.

Advertisement

Dukungan dari pemerintah daerah itu penting, apalagi blok tersebut berada di lokasi strategis dan masuk dalam kawasan ekonomi khusus (KEK). "Iya perlu konsultasi daerah agar nanti PoD-nya dapat pertimbangan dari daerah," kata Tunggal kepada Katadata.co.id, Jakarta, Selasa (6/3).

Untuk itu Tunggal mengaku pihaknya sudah menyurati Gubernur Papua untuk bisa hadir berkonsultasi dengan pemerintah pusat terkait proyek Blok Kasuri pekan depan. Namun, Gubernur Papua berhalangan hadir.

Meski begitu, konsultasi dengan pemerintah daerah itu diharapkan cepat selesai. Sehingga persetujuan PoD Blok Kasuri segera dilakukan Kementerian ESDM.

Namun demikian Tunggal belum mau merinci terkait pembeli dan harga gas yang akan diserap oleh industri dari Blok Kasuri. "Itu masalah di SKK Migas,"kata dia.

Pembeli gas memang sempat menjadi kendala dalam pengembangan blok Kasuri. Penyebabnya adalah Genting sebagai operator dan calon pembeli tidak mencapai titik temu mengenai harga gas bumi tersebut. Adapun harga yang diminta pembeli adalah US$ 3 per mmbtu.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement