Deddy Mizwar Sebut Meikarta Sulit Dapat Rekomendasi Lahan Tambahan

Dimas Jarot Bayu
7 Maret 2018, 17:21
No image
Pengunjung di kawasan Central Park pada areal pembangunan hunian Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jabar, Senin, (18/9/2017).

Wakil Gubernur Jawa Barat (non-aktif) Deddy Mizwar menegaskan megaproyek Meikarta yang dibangun Lippo Group belum mendapatkan rekomendasi lahan tambahan. Saat ini, Pemprov Jawa Barat hanya memberikan rekomendasi lahan seluas 84,6 hektar.

Keputusan Pemprov Jawa Barat mengikuti Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 593.82/SK.576-PEM.UM/94 pada 29 Maret 1994. Padahal, Lippo sebelumnya berencana membangun megaproyek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat itu dengan luas lahan mencapai 500 hektar.

"Yang untuk perumahan hanya 84,6 hektar berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat tahun 1994," kata Deddy di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Rabu (7/3).

(Baca juga: Pemprov Jabar Terbitkan Rekomendasi Proyek Meikarta Hanya 84,6 Hektare)

Menurut Deddy, pihaknya belum akan memberikan rekomendasi baru karena lahan tambahan yang diajukan Lippo merupakan kawasan strategis Provinsi Jawa Barat. Dalam kawasan tersebut tata ruangnya tidak diperuntukkan bagi lokasi perumahan.

"Kawasan lebih daripada itu kami tak bisa keluarkan (izin), karena itu kawasan strategis provinsi yang tata ruangnya tidak ada untuk perumahan," ujar Deddy yang maju sebagai calon gubernur Jawa Barat dalam Pilkada 2018.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...