Kementerian ESDM Targetkan Groundbreaking Smelter Freeport Awal 2019

Anggita Rezki Amelia
8 Maret 2018, 10:16
Freeport
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM  terus memantau perkembangan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) PT Freeport Indonesia. Apalagi proyek tersebut merupakan bagian dari komitmen investasi perusahaan asal Amerika itu di Indonesia.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Ditjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Susigit mengatakan target peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Smelter Freeport dilaksanakan pada awal tahun depan. "Kalau tidak salah awal 2019 atau pertengahan 2019, itu sudah groundbreaking di kawasan industri di Gresik," kata dia di gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/3).

Adapun smelter Freeport akan dibangun di kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik Jawa Timur. Dengan demikian ia optimis Smelter Freeport akan selesai sesuai target yakni pada 12 Januari 2022.

Bambang mengatakan pembangunan smelter dilakukan bertahap. Setidaknya ada 919 kelompok pekerjaan yang masuk dalam tahapan pembangunan smelter Freeport. Tahun 2017-2018 merupakan pekerjaan awal, kemudian tahun 2019 hingga 2022 masuk pada pekerjaan pembangunan fisik.

Perkembangan pembangunan smelter Freeport ini akan selalu dievaluasi setiap enam bulan. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 35 Tahun 2017 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pemberian Rekomendasi Pelaksanaan Penjualan Mineral ke Luar Negeri Hasil Pengolahan dan Pemurnian.

Mengacu aturan itu perkembangan smelter Freeport dievaluasi oleh surveyor independen. "Tugas kami mengevaluasi tiap enam bulan, kalau tidak sesuai target kami evaluasi, itu dikejar terus,"kata dia.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...