Bulog Gandeng BPS untuk Sediakan Data Produksi dan Harga Pangan

Michael Reily
20 Maret 2018, 15:09
Jagung
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Perum Bulog bekerjasama dengan BPS terkait penyediaan data komoditas pangan.

Badan Pusat Statistik (BPS) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU)  bersama  Perum Bulog terkait penyediaan data produksi dan harga pangan.  Kerjasama tersebut bertujuan meningkatkan kualitas  data pangan guna mendukung penentuan kebijakan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi  target ketahanan pangan nasional.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti menyatakan akurasi data penting  untuk menjalankan tugas  Bulog terkait pengadaan komoditas untuk mewujudkan ketahanan pangan dari pemerintah,  seperti  beras, jagung dan kedelai sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2016.

“Sesuai lingkup yang makin luas, kami perlu buat rancangan untuk setiap kegiatan secara utuh dan komprehensif dari hulu ke hilir,” kata Djarot di Jakarta, Selasa (20/3).

(Baca : Bulog Salurkan 400 Ribu Ton Beras Hingga Lebaran)

Ia pun  menuturkan, data yang dirilis BPS akan menjadi bagian dari early warning system serta alat untuk penentuan strategi baik dalam menjalankan penugasan pemerintah maupun pengembangan bisnis komersial Bulog. Meskipun begitu, kerja sama penyediaan  data tersebut  menurutnya tetap tak boleh mengurangi independensi BPS.

Kerja sama penyediaan data antara BPS dan Bulog sedianya dilakukan dalam lima tahun. Kepala BPS Suhariyanto  mengungkapkan ke depan, kerja sama bisa diperpanjang untuk  penguatan data dan sinergi ketahanan pangan.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...