Mulai Agustus 2018, BPS Pantau Produksi Tanaman Pangan Lewat Satelit

Michael Reily
20 Maret 2018, 17:38
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA

Badan Pusat Statistik (BPS) siap merilis  metode Kerangka Sampel Area (KSA)  yang  berfungsi untuk memantau data produksi padi pada  Agustus mendatang. Metode pendataan berbasis teknologi ini nantinya akan  akan mencakup  192 ribu titik  pengamatan di seluruh provinsi di Indonesia dengan menggunakan satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) serta aplikasi perangkat lunak yang akan memantau kondisi lahan pertanian secara berkala

Kepala BPS Suhariyanto menuturkan, penggunaan metode KSA bertujuan untuk memperoleh data produksi padi yang lebih akurat.  Adapun dalam  penyusunan kerangka sampel dan sistem pelaporan yang digunakan dalam pengumpulan data statistik pertanian yang berbasis teknologi tersebut, dia mengaku pihaknya juga telah bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) .

 “Kami akan cek 192 ribu titik di tiap daerah setiap bulan,” kata Suhariyanto di Jakarta, Selasa (20/3).

(Baca : Bulog Gandeng BPS untuk Sediakan Data Produksi dan Harga Pangan)

Menurutnya,  persiapan metode KSA sudah berjalan baik, dimana program uji coba telah dilakukan pada Mei sampai Agustus 2017 di  seluruh Pulau Jawa kecuali DKI Jakarta. Sementara itu, proses pemantauan juga telah dilakukan sejak Februari 2018, setelah  pada bulan sebelumnya baru dilakukan penempatan lokasi.

“Pengecekan kami lakukan setiap akhir bulan, petugas akan berjalan setiap tanggal 23 hingga 30,” tutur Suhariyanto.

Setelah diperiksa lewat satelit, petugas akan datang ke setiap titik untuk memotret dan mengirimkan pertumbuhan tanaman lewat aplikasi yang dibuat BPS dan BPPT. Pengaturan juga dilakukan supaya petugas harus melakukan pemotretan sesuai lokasi penugasan.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...