Gandeng Alipay, Emtek Luncurkan Dompet Digital DANA

Desy Setyowati
21 Maret 2018, 15:58
BlackBerry
Katadata

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Ant Financial (Alipay) hari ini meluncurkan aplikasi uang elektronik DANA. Dengan mengusung sistem yang terintegrasi dengan aplikasi lain atau open platform, uang yang disimpan di DANA bisa digunakan di merchant lain yang menjadi mitranya.

“Sekarang sudah terkoneksi dan proses integrasi dengan 40 merchant,” ujar CEO DANA Vincen Iswara saat konferensi pers di XXI Lounge, Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (21/3).

Mitra tersebut yakni BlackBerry Messenger (BBM), Ramayana, Bukalapak, Lazada, MOKA, Sepulsa, TIXid, dan lain sebagainya. “Kami harap tiga bulan ke depan (merchant yang bergabung) bisa double atau bahkan triple,” kata Vincen.

Saat ini, DANA memanfaatkan lisensi e-money PT Espay Debit Indonesia Koe (Espay) yang telah diakuisisi EMTEK pada awal tahun lalu.  Oleh sebab itu, untuk isi ulang (top up) DANA, saat ini hanya bisa dilakukan melalui Bank Virtual Account.

(Baca juga: Gandeng Doku, Danamon Luncurkan Dompet Digital D-Wallet)

Saat ini, DANA masih memproses perizinan ke Bank Indonesia (BI) agar bisa melakukan top up secara tunai atau offline seperti Alfamart, Alfamidi, dan sebagainya. “Kami juga ajukan izin untuk kode Quick Response (QR) supaya bisa menyasar pelanggan offline,” ujar dia.

Saat ini, DANA baru hadir dalam versi beta di BBM (Blackberry Messenger). Dengan begitu, pengguna harus mengunduh BBM terlebih dulu, baru bisa mengakses DANA pada tab ‘discover’. Bila ingin bertransaksi, misalnya, belanja online di Bukalapak atau Lazada, maka pembayarannya bisa menggunakan DANA.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...