Tarif Tol Lebih Murah Akan Berlaku di Ruas Ngawi-Kertosono

Ameidyo Daud Nasution
23 Maret 2018, 18:34
Gerbang Tol Becakayu
ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol ruas Ngawi - Kertosono akan beroperasi dengan tarif yang lebih murah. Hal ini seiring permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tarif tol tidak menjadi beban logistik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan saat ini tarif Golongan I per kilometer tol Ngawi - Kertosono mencapai Rp 1.200. Nantinya dengan kebijakan baru, begitu beroperasi, tarif yang dikenakan untuk pertama kali hanya Rp 1.000 per kilometer untuk golongan I.

Advertisement

"Untuk pertama kali di Ngawi - Kertosono, utamanya di ruas Ngawi - Wilangan," kata Herry saat ditemui Katadata di ruangannya, Jumat (23/3). Tol Ngawi - Kertosono dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk., yakni PT Solo Ngawi Jaya. Pembangunan tol ini baru rampung dan akan segera diresmikan oleh Presiden Jokowi.

(Baca: Terlalu Mahal, Jokowi Perintahkan Turunkan Tarif Tol)

Terkait perintah Presiden menurunkan tarif tol, Herry mengungkapkan saat ini pihaknya sedang fokus pada ruas tol antarkota, dan bukan tol di wilayah perkotaan. Alasannya, daya beli masyarakat perkotaan saat ini masih dianggap cukup untuk membayar tarif tol baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement