Incar Kenaikan Pelanggan 100%, TCash Luncurkan 3 Fitur Baru

Desy Setyowati
27 Maret 2018, 17:29
TCASH
ANTARA FOTO/HO/Singue
Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid (kanan) didampingi Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Yetty Kusumawati (kedua kanan) bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bogor Asep Zaenal Rahmat (kiri) me

Produk mobile financial services dari Telkomsel, TCash memperbaharui aplikasi dengan tambahan tiga fitur baru. Ketiga fitur anyar itu adalah Know Your Costumer secara elektronik (e-KYC), bayar beli melalui ponsel, dan Snap QR atau Quick Response Code. Hal in dilakukan guna mencapai target 40 juta pelanggan tahun ini.

Ketiga fitur tersebut bisa secara penuh dinikmati per April 2018. "Kami financial technology (fintech) yang pertama kali dapat izin untuk e-KYC dan QR Code dari Bank Indonesia (BI)," ujar CEO TCash Danu Wicaksana saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (27/3).

Advertisement

Untuk e-KYC, TCash memang menjadi yang terlengkap dibanding fintech yang lain karena menggunakan video call untuk verifikasi data. Umumnya, penyedia uang elektronik (electronic money/e-money) lainnya seperti Go-Pay, Doku hanya menggunakan foto Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan swafoto. Hal ini sesuai dengan Peraturan BI (PBI) Nomor 19 Tahun 2017 tentang Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT).

(Baca juga: Gandeng Doku, Danamon Luncurkan Dompet Digital D-Wallet)

Dengan adanya e-KYC, pelanggan bisa menikmati TCash wallet secara penuh, termasuk melakukan transfer dana. Sesuai dengan PBI Nomor 16 Tahun 2014 tentang e-money, saldo maksimum pelanggan yang teregistrasi sebesar Rp 10 juta. Sedangkan yang tidak teregistrasi (non KYC) saldo maksimalnya Rp 1 juta. Lalu, untuk transaksinya dibatasi Rp 20 juta per bulan, baik yang teregistrasi ataupun tidak.

Layanan kedua, yakni bayar beli apapun melalui ponsel atau transaksi Payment Point Online Bank (PPOB). Transaksi itu seperti transfer uang, pembayaran tagihan pembiayaan, pulsa, paket data internet, token listrik, TV berlangganan, belanja online, asuransi, iuran jaminan kesehatan, game voucher, hingga tiket perjalanan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement