Ekspansi ke Pasar Baru, Matahari Buka 2 Unit Gerai di Kuartal II

Image title
Oleh Ekarina
3 April 2018, 13:21
Matahari
Katadata
Pengunjung berbelanja di Matahari Departemen Store, Pasar Baru, Jakarta, Jumat (11/04).

Peritel busana PT Matahari Department Store Tbk (LPPF)  berencana  membuka dua unit gerai baru yakni di Mamuju, Sulawesi Utara serta Cilegon, Banten pada kuartal II 2018. Pembukaan gerai baru tersebut sejalan dengan strategi perseroan untuk meningkatkan penetrasi penjualan di pasar baru.

Hingga akhir tahun, perseroan menargetkan membuka sebanyak 6-8 unit gerai baru di beberapa titik  lokasi di Indonesia.

CEO dan Vice President Director Matahari Departement Store Richard Gibson mengatakan perseroan melihat ada peluang bagi Matahari untuk meningkatkan pangsa pasar melalui ekspansi jaringan gerai, khususnya di beberapa area startegis.

"Perseroan optimis dengan pembukaan gerai, dimana beberapa di antaranya terletak di kota yang baru, sehingga memberikan kami peluang dalam memberi pilihan produk kepada pasar baru," ujarnya seperti yang dikutip dari keterangan resmi, Selasa (4/4).

Dengan pembukaan dua gerai baru tersebut, maka hingga Juni 2018 atau sebelum periode Lebaran nanti secara total Matahari akan mengoperasikan sekitar 156 unit gerai. Adapun untuk mendukung ekspansinya tahun ini, perseroan sebelumnya mengatakan telah menyiapkan alokasi belanja modal (capital expanditure/capex) sebesar Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar.

Sedangkan sepanjang tahun lalu perusahaan tercatat telah menutup sekitar 4 unit gerai dan membuka 8 gerai baru, termasuk di antaranya 2 speciality store.

Mengutip data kinerja keuangan perusahaan yang dipublikasikan kepada Bursa Efek Indonesia, sepanjang 2017 perseroan mencatat penjualan sebesar Rp 17,4 triliun, naik tipis 1,2% dari tahun sebelumnya sebesar Rp 17,2 triliun. Pertumbuhan penjualan Matahari kurang optimal terjadi lantaran pertumbuhan rata-rata penjualan tiap toko (same store sales growth/SSSG) perseroan yang terus tertekan sejak 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...