Pemerintah Siapkan Jaringan 5G untuk Dukung Revolusi Industri 4.0

Dimas Jarot Bayu
4 April 2018, 13:56
Jaringan telko
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Petugas memeriksa jaringan BTS di Jakarta.

Pemerintah sedang menyiapkan jaringan infrastruktur 5G untuk mendukung implementasi industri 4.0. Pembangunan infrastruktur jaringan 5G dianggap penting karena era digitalisasi membutuhkan akses data internet dengan cepat.

"(Persiapan) digital kami sedang bicarakan dengan Kominfo (Kementerian Komunikasis dan Informatika), salah satunya nanti di kawasan industri akan diluncurkan 5G," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat acara Industrial Summit di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta, Rabu (4/4).

Advertisement

Kemenperin menetapkan lima sektor industri pionir yang siap menerapkan revolusi industri 4.0, yakni makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, serta elektronik.

"Karena kalau datanya pakai wi-fi yang lemot, nah itu apa yang terjadi di pabrik dan dimonitor ada time lag, waktu yang tidak cocok," kata Airlangga.

(Baca juga: Dorong Daya Saing Global, Kemenperin Luncurkan Peta Jalan Industri 4.0)

Airlangga menjelaskan, saat ini pihaknya tengah memetakan kawasan industri yang dianggap tepat untuk pembangunan jaringan 5G. Nantinya pembangunan infrastruktur tersebut akan disiapkan melalui Kominfo.

Rencananya, prototype jaringan 5G akan diluncurkan saat Asian Games. Prototype disiapkan Kominfo dengan menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) sebagai operator dalam membangun infrastruktur 5G.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan bahwa kementeriannya menargetkan membangun jaringan 5G di kawasan industri pada 2020. Hal ini mengingat kebijakan alokasi frekuensi Kemenkominfo ditetapkan tahun ini.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement