BTN Akan Gandeng 100 Universitas Salurkan Kredit Pendidikan

Image title
10 April 2018, 17:42
btn-bank-tabungan-negara.jpg

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan kredit untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi masyarakat. Batas maksimal kredit per orang mencapai Rp 200 juta dan bunga hanya sebesar 6,5 persen yang flat selama 5 tahun. 

“Melalui kredit pendidikan ini, kami ikut berpartisipasi memenuhi kebutuhan pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono di Gedung Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Jakarta, Selasa (10/4).

(Baca: Jokowi Minta Perbankan Kaji Pemberian Kredit Pendidikan)

Dalam menyalurkan kredit ini, BTN akan menggandeng Iebih dari 100 universitas di seluruh Indonesia tahun ini. Sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengakses kredit. Bank pelat merah ini menargetkan penyaluran kredit pendidikan sebesar Rp 500 miliar tahun ini.

Saat peluncuran kredit pendidikan hari ini, Bank BTN meneken nota kesepahaman (MoU) dengan 24 perguruan tinggi negeri untuk penyaluran pinjaman. Maryono menyatakan pihaknya juga membuka kemungkinan untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi swasta.

“Kami akan terus menggelar kemitraan serupa dengan Perguruan Tinggi lainnya, sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengenyam pendidikan tinggi,” kata Maryono.

(Baca: Godok Kredit Pendidikan, Bankir: Harus Bisa Lacak Pelajar Usai Lulus)

Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan kredit pendidikan racikan BTN. Saat ini kredit pendidikan BTN hanya dapat dinikmati oleh debitur yang sudah pernah melakukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) baik subsidi maupun non-subsidi hingga Kredit Agunan Rumah (KAR) di bank tersebut. 

Melalui Kredit Pendidikan dengan fasilitas KAR BTN Top Up, debitur BTN bisa menggunakan dana ini untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan. Penggunaannya bisa untuk biaya masuk sekolah atau kuliah, biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), daftar ulang, dan kebutuhan penunjang pendidikan Iainnya.

Hingga saat ini BTN masih mengkaji kredit pendidikan ini agar bisa dinikmati oleh masyarakat yang bukan debitur BTN. Maryono mengatakan kajian mengenai skema peminjaman kredit pendidikan ini akan segera rampung dan secepatnya akan diluncurkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...