Ekspansi ke Pembayaran Digital, Kresna Investasi di MatchMove Pay

Hari Widowati
12 April 2018, 11:28
Digital internet
Arief Kamaludin|KATADATA
Dompet digital berbasis server semakin marak di Indonesia.

PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) akan berinvestasi di Matchmove Pay Pte Ltd (MMP), perusahaan teknologi finansial di Singapura yang bergerak di bidang sistem pembayaran digital melalui PT Graha Kreasi Sejahtera (GKS). Perusahaan membidik potensi transaksi di sektor e-commerce yang diprediksi akan mencapai US$ 16,5 miliar pada 2022.

Direktur Utama Kresna Graha Michael Steven mengatakan, GKS saat ini memiliki 15,5% saham di MMP yang memiliki layanan instan pembayaran, pengiriman, dan peminjaman uang antarpengguna melalui aplikasi mobile dan website bernama Spend, Send, Lend. "Kami melihat bisnis MMP akan mendukung strategi kami mewujudkan visi perseroan untuk mendorong dan mempercepat proses transformasi gaya hidup digital masyarakat Indonesia menuju ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020," kata Michael dalam siaran pers, di Jakarta, Kamis (12/4).

Sistem operasi MMP bernama Banking OS yang berbasis komputasi awan (cloud computing) dan mobile dapat dimanfaatkan oleh berbagai segmen industri, seperti perbankan, e-commerce, penerbangan, asuransi, pendidikan, olahraga, pinjaman online, telekomunikasi hingga pemerintah. Sistem tersebut diharapkan dapat memecahkan masalah pembayaran di Indonesia mengingat tingginya populasi masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan perbankan (unbanked). Laporan UNCTAD 2017 menyebutkan, sistem pembayaran online dan mobile akan mengambil alih penggunaan kartu kredit dan kartu debit sebagai alat pembayaran yang paling populer dalam transaksi e-commerce pada 2019.

Michael mengatakan, sistem pembayaran MMP lebih unggul dibandingkan dengan layanan serupa di luar negeri, seperti WeChat, PayPal atau Google Pay karena memberikan pengalaman lokal yang lebih baik dan aman. MMP menggunakan akses analisis data yang mendalam dan mengantisipasi perubahan dalam teknologi sistem pembayaran, seperti blockchain dan artificial intelligence (AI). Pada 2017, sistem operasi MMP telah digunakan lebih dari 10 juta pengguna di 7 negara.

(Baca: Gandeng Alipay, Emtek Luncurkan Dompet Digital DANA)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...