Kementerian ESDM Tak Percaya Pertamina Rugi Jual Pertalite

Anggita Rezki Amelia
12 April 2018, 19:53
pertalite
Katadata | Arief Kamaludin

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tak percaya PT Pertamina (Persero) merugi ketika menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite. Ini karena formula harga BBM beroktan 90 itu sudah memperhitungkan margin badan usaha.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan BBM merupakan hajat hidup orang banyak, sehingga Pertamina mustahil tidak mendapatkan pembeli. "Tidak mungkin (rugi), bisnis apa yang menggiurkan kayak begitu, " kata dia di Jakarta, Kamis (12/4).

Djoko pun menyinggung mengenai kemampuan Pertamina yang bisa menghasilkan dividen sebesar Rp 12,1 triliun tahun 2016. Artinya Pertamina masih bisa menghasilkan laba.

Selain itu, selama ini Pertamina bisa mendapatkan margin minimal 5% dan maksimal 10% dari menjual BBM nonsubsidi. Artinya, dalam 20 hari Pertamina dinilai sudah balik modal dalam menjual Pertalite.

Menurut Djoko, selama ini Pertamina mengambil margin 5-10% karena belum bisa efisien dalam menekan biaya. Salah satu contoh biayanya untuk distribusi BBM. 

Namun, nantinya pemerintah akan mengubah batas margin tersebut. Jadi, tidak ada lagi batas bawah sebesar 5%. Pemerintah hanya memberikan batas atas margin sebesar 10%.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...