Tetra Pak Siapkan Kemasan dengan Teknologi QR Code

Desy Setyowati
19 April 2018, 18:17
Pabrik minuman
Arief Kamaludin|KATADATA

Teknologi kode respon cepat atau Quick Response Code (QR Code) kini sedang naik daun. Bukan hanya layanan keuangan, kemasan produk konsumsi seperti makanan dan minuman bakal mengadopsinya.

Adalah produsen kemasan makanan dan minuman Tetra Pak yang bakal meluncurkan kemasan dengan QR Code di Indonesia, tahun depan. "2018 ini sudah di Spanyol, Tiongkok, dan India," ujar Marketing Director Tetra Pak Indonesia Wibisono di sela-sela seminar bertema 'Decoding Digital World' di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (19/4).

Saat ini, kemasan produk konsumsi yang beredar di Indonesia umumnya masih menggunakan kode batang vertikal atau barcode. Nantinya, dengan QR Code yang memadukan kode grafik vertikal dan horizontal, maka data yang tersimpan dapat lebih banyak.

Wibisono menjelaskan, barcode umumnya hanya digunakan untuk mengetahui harga barang. Sementara melalui QR Code, konsumen bisa mengakses informasi seputar promosi, harga, alur distribusi, hingga kandungan produk.

Meski baru diluncurkan tahun depan, Wibisono mengaku sudah ada beberapa perusahaan yang berminat membeli mesin pengemasan dengan QR Code. Hanya, ia enggan menyebutkan perusahaan mana saja. "Teknologi ini bisa mengurangi biaya promosi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...