Hindari Polemik, Ini Pesan Elia Setelah Tak Jadi Dirut Pertamina

Arnold Sirait
22 April 2018, 08:00
Elia Massa Manik
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik.

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) yang dipimpin Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno Jumat (20/4) telah resmi mencopot Elia Massa Manik dari posisi Direktur Utama. Setelah melepas posisi itu, Elia mengirimkan pesan untuk koleganya di Pertamina.    

Dalam pesan tersebut, Elia mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan rekannya di Pertamina selama menjabat 13 bulan sebagai Direktur Utama. Ia juga menerima keputusan pemegang saham sebagi organ tertinggi di dalam korporasi dengan lapang dada.

Keputusan Menteri BUMN itu dianggap yang terbaik yang diberikan Tuhan saat ini. “Jangan dibuat polemik, karena jabatan bukan segalanya, hanya sarana untuk berkontribusi,” kata Elia berdasarkan pesan yang disebarkan, Sabtu (21/4).

Selain itu, Elia memberikan dua pesan kepada para semua eksekutif yang ada di Pertamina. Pertama, perubahan pola pikir (mindset). Pertamina perlu kerja keras untuk mengejar ketertinggalan. Ini karena Pertamina masih sangat kecil dibandingkan perusahaan migas nasional lainnya di luar negeri.

Kedua, Elia berpesan kepada seluruh eksekutif di Pertamina agar terus mengajarkan cara bekerja jujur, tulus, amanah dan loyal. “Loyal ke institusi bukan individu di dalam dan luar perusahaan,” ujar dia.

Elia juga merasa dirinya tidak sempurna dan belum banyak yang bisa dilakukan selama 13 bulan di Pertamina. Namun harapannya, apa yang sudah ditanamkan di perusahaan itu akan dimekarkan oleh Sang Pencipta pada saatnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...