Kontrak Pertamina di Ladang Minyak Iran Aktif Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
23 April 2018, 10:47
minyak
Katadata

PT Pertamina (Persero) akan menandatangani kontrak Lapangan Mansouri di Iran, bulan Mei. Namun, kontrak itu baru aktif tahun depan. Alasannya, Pertamina harus melengkapi semua prosedur sesuai syarat dan ketentuan yang ada di kontrak.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan salah satu hal yang perlu diselesaikan dalam kontrak tersebut adalah mitra. "Jadi begini, kami tanda tangan efektifnya setahun kemudian. Sehingga kami punya waktu untuk penuhi Condition Precedent. Dalam waktu satu tahun ini Pertamina belum efektif," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, pekan lalu. 

Sebenarnya saat ini Pertamina sudah mendapatkan mitra dari Iran di lapangan tersebut. Porsinya 20%. Namun, Pertamina perlu menambah mitra lainnya agar bisa berbagi risiko. Porsi untuk mitra baru itu 30-40%.

Syamsu menyebutkan sudah ada dua calon yang akan menjadi mitra pertamina lainnya. Calon mitra tersebut merupakan perusahaan lokal asal Iran dan internasional.

Selain masalah mitra, ada beberapa persyaratan lainnya yang juga masih diselesaikan Pertamina. Namun Syamsu belum mau merincinya.

Yang jelas, Pertamina berupaya menyelesaikan permasalahan yang ada sesuai dengan kesepakatan yakni satu tahun. "Di dalam CP itu kami harus izin ke pemegang saham. Kami punya satu tahun proses ini harus selesai," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...