Pertamina Buka Peluang Investor untuk Bermitra di Blok Terminasi

Image title
25 April 2018, 20:22
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
ilustrasi

PT Pertamina (Persero) membuka kesempatan kepada semua kontraktor yang ingin menjadi mitranya dalam mengelola blok minyak dan gas bumi (migas) terminasi. Sampai saat ini belum diputuskan mengenai mitra blok tersebut, meski kontrak sudah diteken pekan lalu.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebenarnya sudah ada perusahaan yang menawarkan untuk bermitra di blok terminasi. Namun, namanya masih belum bisa disampaikan ke publik. “Kami terbuka untuk perusahaan-perusahaan yang berminat,” kata dia di Jakarta, Rabu (25/4).

Seperti diketahui, pemerintah telah menyerahkan 100% hak kelola blok migas yang kontraknya berakhir tahun ini kepada Pertamina. Blok itu yakni Tuban, Ogan Komering, North Sumatra Offshore, Sanga-Sanga, East Kalimantan, Attaka dan Tengah.

Dari 100% itu nantinya, Pertamina wajib menawarkan 10% kepada pemerintah daerah. Selain itu, ada beberapa blok yang digabung yakni East Kalimantan dan Attaka. Ada juga Blok Tengah yang akan disatukan dengan Mahakam.   

Kebijakan mengenai delapan blok ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 1793 K/12/MEM/2018.Berikut ini daftar bagi hasil Pertamina dan pemerintah di blok tersebut:

1) Blok Tuban. Kontrak 20 tahun. Bagi hasil minyak : pemerintah 44% kontraktor 56%. Bagi hasil gas : pemerintah 39% gas 61%

2) Blok Ogan Komering. Kontrak 20 tahun. Bagi hasil minyak : pemerintah 46% kontraktor 54%. Bagi hasil gas : pemerintah 41% gas 59%

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...