Darmin Dorong Perbankan Beri Akses Permodalan Petani Penggilingan

Michael Reily
26 April 2018, 11:47
Kejar Target Produksi Gabah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Buruh tani membawa gabah usai panen di salah satu kawasan lumbung padi di Desa Paron, Ngawi, Jawa Timur, Jumat (10/3). Pemerintah melalui Kementerian Pertanian berupaya mengejar produksi gabah nasional pada tahun 2017 yang ditargetkan mencapai 78 juta ton atau meningkat 2 juta ton dari target tahun 2016 agar tidak perlu lagi melakukan impor beras.

Pemerintah  mendorong perbankan memberikan akses permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani  dan pengusaha penggilingan kecil. Langkah penyaluran KUR sebelumnya telah diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR dan akan dipertegas melalui bantuan kepada petani dan penggilingan kecil.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku pihaknya banyak menerima  permintaan terhadap petani penggilingan kecil. Namun di sisi lain,  masih banyak perbankan yang masih ragu. "Karenanya regulasi mengenai ini nanti akan pertegas lagi, agar tidak ada keraguan lagi dari bank,” kata Darmin di Jakarta, Rabu (25/4) malam.

Perubahan aturan KUR bakal segera diselesaikan dengan rapat koordinasi terbatas. Namun, dia belum bisa memastikan kapan kejelasan aturan bisa diterbitkan. Padahal, musim panen raya hanya sampai Mei 2018.

Aturan KUR yang ditambahkan ke dalam Permenko secara spesifik menegaskan pengering untuk penggilingan dan petani kecil masih dibutuhkan. Keterbatasan alat pengering atau dryer merupakan masalah saat panen sehingga kualitas beras sulit terjaga karena basah. “Kami tidak berbicara tentang alokasinya, tapi kejelasannya bisa atau tidak,” ujar Darmin.

(Baca : Kredit Rakyat Tingkatkan Produktivitas Petani)

Indonesia saat ini tercatat memiliki 182 ribu penggilingan beras yang tersebar di sejumlah wilayah. Namun dari angka tersebut, mayoritas atau sekitar  94% di antaranya masih merupakan penggilingan kecil. Sisanya, sebanyak 2 ribu penggilingan besar dan 8 ribu penggilingan sedang. 

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjelaskan, kebutuhan pengering di provinsinya sekitar 2.800 unit. Rentang harga alatnya pun bervariasi dari Rp 180 juta sampai Rp 280 juta per pengering.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...