Komisioner Baru KPPU Akan Mulai Awasi Sektor Ekonomi Digital

Ameidyo Daud Nasution
2 Mei 2018, 20:36
KPPU
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo melantik sembilan anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melantik anggota Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) periode 2018-2023. Jokowi melantik dan membacakan sumpah untuk sembilan anggota baru KPPU di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan anggota baru KPPU oleh presiden merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah RI. Pelantikan setelah Jokowi menandatangani Keputusan Presiden Nomor 81/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian Dengan Hormat dan Pengangkatan Keangggotaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha pada Jumat (27/4).

Kepres dikeluarkan setelah DPR mengesahkan sembilan anggota KPPU hasil uji kepatutan dan kelayakan. Mereka yakni Afif Hasbullah, Dinni Melanie, Guntur Syahputra Saragih, Chandra Setiawan, Harry Agustanto, Kurnia Toha, Kodrat Wibowo, Yudi Hidayat, serta Ukay Karyadi.

(Baca juga: Sempat Tertunda, Akhirnya DPR Sahkan Komisioner KPPU Periode 2018-2023)

Usai dilantik, salah seorang komisioner, Dinni Melanie, mengatakan KPPU akan merambah pengawasan di sektor ekonomi digital. Alasannya, perkembangan ekonomi saat ini bergerak ke arah sektor tersebut.

Namun mekanisme pengawasannya perlu dikaji secara internal oleh KPPU. "Karena masih baru dan tidak sama dengan pelanggaran persaingan usaha yang konvensional," kata Dinni di Istana Negara.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...