Rini Targetkan Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung Juli

Ameidyo Daud Nasution
7 Mei 2018, 19:30
 Kereta Cepat Jakarta-Bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto udara proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di perkebunan teh Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (6/2).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan pembebasan lahan proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) akan rampung seluruhnya dua bulan lagi. Hal ini dikatakan Rini usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang di Istana Kepresidenan, Bogor, Senin (7/5).

Dia mengatakan hingga saat ini pembebasan lahan masih terus dikerjakan. Sedangkan hingga pekan lalu progres pembebasan lahan proyek KCJB sudah mencapai 64,2 persen dan akan segera dituntaskan seiring dengan percepatan pembangunannya. "Jalan terus, Insya Allah dua bulan (lagi) selesai," kata Rini.

(Baca: Target Pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Molor ke 2021)

Dia mengungkapkan pihak Tiongkok meminta komitmen dalam pembebasan lahan proyek ini, karena mereka harus mengerjakan dengan cepat. Meski begitu, pertemuan dengan PM Li, hanya sedikit membahas kereta cepat dan proyek transportasi Tiongkok lain di Indonesia. 

(Baca: Jokowi Bertemu Perdana Menteri Tiongkok Bahas Proyek Infrastruktur)

Pemerintah Tiongkok juga bersepakat untuk memberi hibah dalam pekerjaan dua proyek bendungan yang akan dikerjakan pemerintah. Bantuan tersebut digunakan untuk evaluasi desain waduk Riam Kanan di Kalimantan Selatan dan Jenelata di Sulawesi Tenggara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...