Kementerian ESDM Tawarkan Lima Wilayah Kerja Panas Bumi ke PLN

Anggita Rezki Amelia
8 Mei 2018, 14:42
Panas Bumi Geothermal
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menawarkan sejumlah wilayah kerja panas bumi (WKP) kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN.  Tujuannya untuk meningkatkan pengembangan panas bumi pada perusahaan milik negara itu.

Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengatakan ada lima WKP yang akan ditawarkan kepada PLN itu dengan skema penugasan. Wilayah kerja itu tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia.

Lima WKP yang akan ditawarkan ke  PLN  yakni Lainea sebesar 20 MegaWatt (MW) di Sulawesi Utara. Kedua, Wapsalit sebesar 5 MW di Maluku. Ketiga, WKP Sembalun 20 MW di Nusa Tenggara Barat (NTB). Keempat, WKP Sumani 20 MW di Sumatera Barat. Kelima, WKP Gunung Endut 40 MW di Banten. “Ini kami tawarkan ke PLN," kata Ida di Jakarta, Selasa (8/5).

Namun, PLN juga bisa mengambil hanya beberapa wilayah kerja. Jika Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor kelistrikan itu hanya mengambil beberapa WKP dari lima wilayah itu, sisanya akan dilelang Kementerian ESDM.

Kementerian ESDM juga tengah menyiapkan peraturan sebagai payung hukum lelang wilayah kerja. Aturan itu akan terbit dalam waktu dekat. "Penawaran WKP itu kan bisa penawaran umum dan penugasan. Sebelum ditawarkan ke umum, kami tawarkan dulu ke BUMN yakniPLN, " kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...