Pertamina Resmi Bersaing dengan Chevron Mengelola Blok Rokan

Anggita Rezki Amelia
11 Mei 2018, 21:03
Ladang Minyak
Chevron

PT Pertamina (Persero) akhirnya mengajukan proposal untuk mengelola Blok Rokan setelah kontraknya berakhir tahun 2021. Dengan begitu, saat ini Pertamina harus bersaing dengan Chevron Indonesia selaku operator lama di blok tersebut yang juga mengajukan perpanjangan kontrak.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan saat ini proposal dari Pertamina masih perlu dievaluasi. “Pertamina baru saya terima proposalnya,” kata dia di Jakarta, Jumat (11/5).

Djoko menargetkan Juli nanti sudah ada keputusan pengelolaan Blok Rokan. Kementerian ESDM juga tidak menutup blok tersebut akan dilelang jika banyak kontraktor yang berminat.

Dengan lelang tersebut harapannya bisa mendapatkan kontraktor yang bisa memberikan keuntungan yang besar ke pemerintah. “Kalau banyak peminatnya, ya kita lelang saja,” ujar dia.

Pengelolaan blok migas yang akan berakhir kontraknya ini sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 23 tahun 2018. Dalam aturan tersebut, Menteri ESDM dapat menetapkan empat skema pengelolaan blok migas, setelah ada evaluasi.

Skema pertama adalah perpanjangan kontrak kerja sama untuk kontraktor. Kedua, pengelolaan pada wilayah kerja yang kontrak kerja samanya berakhir oleh Pertamina. Ketiga, pengelolaan bersama antara kontraktor yang sudah ada dengan Pertamina. Keempat, lelang.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan perusahaannya tertarik dengan Blok Rokan karena potensinya masih besar. Ia optimistis bisa menandingi Chevron untuk mendapatkan blok tersebut. “Kita lihat saja nanti,” ujar dia.

(Baca: Chevron Ajukan Perpanjangan Kontrak Blok Rokan)

Adapun, Blok Rokan kini salah satu penopang produksi siap jual (lifting) minyak nasional. Sepanjang 2017 tercatat lifting minyak Blok Rokan mencapai 224,3 ribu barel per hari (bph), capaian ini sebesar 97,9 persen dari target APBNP 2017.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...