Promo Ramadan Bikin Tokopedia Lebih Ramai Ketimbang Instagram

Desy Setyowati
28 Mei 2018, 11:30
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Perusahaan teknologi di bidang perdagangan online Tokopedia menggelar Ramadan Extra sepanjang Mei 2018. Selama periode promosi, sebanyak 65 juta orang tercatat mengunjungi Tokopedia, sehingga mengalahkan Whatsapp dan Instagram.

Di Apple Store,  aplikasi Tokopedia menduduki peringkat pertama top chart, mengalahkan Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Lalu di Google Play, marketplace ini berada di posisi ketiga, mengalahkan Facebook dan Instagram.

"Sebanyak 65 juta masyarakat Indonesia mengunjungi Tokopedia setidaknya 300 juta kali di bulan ini. Jumlah pengunjung ini setara 11 kali populasi Singapura," ujar CEO dan co-founder Tokopedia William Tanuwijaya dalam akun Facebook pribadinya, Sabtu (26/5) lalu.

(Baca juga: Deretan E-Commerce Siapkan Promo Ramadan dengan Diskon hingga 90%)

Tak hanya itu, tepat di puncak Ramadan Ekstra pada 25 Mei lalu, Tokopedia mencatatkan nilai transaksi yang setara dengan akumulasi sepanjang lima tahun pertama berdiri, yakni Agustus 2009 hingga Juni 2014. Bahkan dalam 10 menit pertama program puncak itu, transaksinya melebihi perolehan Tokopedia selama Agustus 2009 hingga Juli 2010.

Grafik: 10 e-Commerce dengan Sumbangan Trafik Terbesar dari Facebook (TW I 2018)
10 e-Commerce dengan Sumbangan Trafik Terbesar dari Facebook (TW I 2018)



Adapun selama puncak Ramadan Ekstra pada 24-25 Mei lalu, Tokopedia memang menggelar panggung bagi puluhan brand lokal dan extra prize berupa diskon 99% untuk IPhone X, Yamaha Mio, dan New Toyota Yaris. Malam puncak Ramadan Ekstra yang disiarkan langsung di tiga televisi nasional juga membuat jumlah kunjungan melonjak.

Berkaca dari antusiasme masyarakat tersebut, William berencana menjadikan program tersebut sebagai ajang tahunan. Hal itu serupa dengan Black Friday di Amerika Serikat (AS), Boxing Day di Eropa, Single Day di China, ataupun Big Billion Day di India  "Sampai ketemu tahun depan dengan Ramadan Ekstra yang jauh lebih Ekstra," ujarnya.

(Baca juga: Kisah Unik Investor Amerika Pertama Kali Suntik Go-Jek dan Tokopedia)

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...