Grab Sebut Order Fiktif Ojek Online Tak Hanya Terjadi di Indonesia

Desy Setyowati
7 Juni 2018, 19:58
Grab Taksi
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan teknologi Grab menyatakan, masalah order fiktif tak hanya terjadi di Indonesia. Bahkan, kerugian akibat kecurangan yang dilakukan oleh pengemudi menggunakan aplikasi bisa mencapai 20% dari total transaksi di delapan negara tempat Grab beroperasi di Asia Tenggara.

Hanya, Head of Public Affairs Grab Indonesia Tri Sukma Anreianno menyatakan perusahaannya terus menerus berusaha meminimalisir kecurangan ini. Sebab, praktik ini tak hanya merugikan perusahaan, melainkan juga sesama mitra pengemudi, hingga konsumen.

Tri menyatakan bahwa kecurangan oleh pengemudi Grab Indonesia menurun 80% dibanding tahun lalu. Alasannya, Grab menerapkan dua strategi yakni teknologi dan program. "Penurunan kecurangan ini untuk layanan Grab transportasi, pesan-antar makanan, dan kirim barang," kata dia saat diskusi publik di kantor Insitute for Development of Economics and Finance (INDEF), Jakarta, Kamis (7/6).

Dari segi teknologi, Grab mengembangkan teknologi yang tertanam di setiap aplikasi yang diunduh oleh pengemudi. Teknologi ini akan mempersulit pengemudi berbuat curang seperti order fiktif atau memasang lokasi palsu (fake Global Positioning System/GPS), karena menggunakan sistem terintegrasi.

(Baca juga: Go-Jek Siapkan Rp 7,1 Triliun untuk Ekspansi ke Empat Negara)

Teknologi kedua adalah pendeteksi. Grab memiliki sistem yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui langsung hal-hal yang mengindikasikan adanya kecurangan. Dengan begitu, Grab Indonesia bisa langsung mengambil tindakan atas pengemudi yang curang.

Lalu dari sisi program, Grab Indonesia memberikan penghargaan kepada konsumen ataupun mitra yang melaporkan kecurangan atau dikenal dengan whistleblower. "Kami sudah dapat 9 ribu masukan, informasi, dan tips," kata dia. Dari laporan itu, Grab sudah melaporkan 10 sindikat pembuat sistem kecurangan ke kepolisian.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...