Telkomsel, Indosat hingga XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran

Desy Setyowati
7 Juni 2018, 13:20
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah kendaraan pemudik melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (23/6).

Pada saat lebaran, trafik komunikasi seperti telepon, sms, ataupun data, biasanya meningkat drastis. Agar tak terjadi penurunan layanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta semua operator untuk menguji jaringan telekomunikasinya masing-masing.

"Di kota-kota tujuan mudik, rute pengujian juga diperluas sehingga bisa dijamin bahwa coverage dan kekuatan sinyal sesuai harapan," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Ahmad M Ramli dalam siaran pers, kemarin (6/6).

Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys mengatakan, uji jaringan yang disampaikan oleh operator seluler menunjukkan hasil yang baik. Artinya, jaringan siap untuk melayani keperluan telepon, sms, maupun internet selama mudik dan lebaran.

"Laporan operator seluler menunjukkan kesiapan jaringan dan layanan telekomunikasi dari sisi kapasitas, jangkauan, dan kekuatan sinyal selama kurun prosesi lebaran 2018 dipastikan beroperasi dengan baik," kata Merza.

(Baca juga: Mitra Komunikasi Laba Rp 8,87 M dari Penjualan Pulsa dan Kartu Perdana)

Untuk mendukung pergerakan masyarakat dari kota asal ke tujuan mudik, operator seluler juga menambah kapasitas jaringan. Caranya, dengan penempatan mobile Base Transceiver Station (BTS) di area-area yang trafik komunikasinya padat.

Selain itu, operator seluler juga menyiapkan pelayanan tambahan, seperti posko, agen penjualan pulsa, serta tim pendukung di lapangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama perjalanan mudik.

PT Telkomsel, misalnya, mengerahkan 73 Mobile BTS kapasitas  3G atau Long Term Evolution (LTE) dan Small Cell atau Easy Macro. Di jalur mudik Jakarta-Surabaya, Telkomsel  menambah 453 sites (4G) dan menambah kapasitas pada 332 BTS. Secara total, Telkomsel menambah 12 ribu LTE di seluruh Indonesia. Penambahan kapasitas untuk internet sebanyak 40 % dari hari normal atau meningkat 137 % dibanding lebaran 2017.

PT XL Axiata, mengerahkan 49 Mobile BTS.  Menambah kapasitas 4 ribu BTS eksisting dan 8.500 BTS baru. Juga meningkatan kapasitas baik di Jaringan core ataupun transmisi.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...