Sriwijaya Air Targetkan Buka Penerbangan di Bandara Kertajati 2019

Image title
8 Juni 2018, 13:47
Bandara Kertajati
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Pada tahap pertama, luasan terminal mencapai 96.000 m2 dengan kapasitas penumpang 5-12 juta penumpang per tahun. Pada tahap ultimate, akan dilakukan penambahan luasan hingga 209.151 m2 sehingga terminal akan memiliki daya tampung sekitar 29,3 juta per tahun

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air berencana untuk membuka rute di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Bahkan, mereka menargetkan dapat beroperasi di Bandara Kertajati ini mulai tahun depan.

"Sebenarnya untuk Kertajati kami sudah berhitung, sudah menganalisa, tapi masih belum final," kata Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Agus Soedjono di Kawasan Ancol, Jakarta, Kamis (7/6).

(Baca: Pesawat Kepresidenan Jadi yang Pertama Mendarat di Bandara Kertajati)

Agus menjelaskan pihaknya perlu menganalisa beberapa faktor untuk dapat membuka rute penerbangan di bandara tersebut. Beberapa diantaranya, persiapan infrastruktur maskapai dalam menyediakan kantor perwakilan di Bandara Kertajati maupun di kota terdekat.

Selain itu, Sriwijaya Air juga perlu menganalisa kondisi dan peluang pasar Bandara Kertajati ke depan. Mereka juga mempertimbangkan kota tujuan penumpang yang ingin mendarat di Bandara Kertajati. Seperti tujuan Kota Bandung yang sudah memiliki Bandara Husein Sastranegara atau tujuan Jakarta yang jarak tempuhnya jauh dari Bandara Kertajati.

"Kalau ke Jakarta, mohon diberikan akses yang paling baik dari Jakarta ke Kertajati," kata Agus. (Lihat Foto: Pintu Ekonomi Baru dari Bandara Kertajati)

Beberapa rute penerbangan yang mungkin akan ditawarkan Sriwijaya Air di bandara tersebutm diantaranya Surabaya-Kertajati dan Denpasar-Kertajati. 

Hingga saat ini Sriwijaya mengaku masih belum mengajukan slot rute penerbangan ini kepada kemerintah. Agus juga belum bisa memastikan lebih lanjut rencana perusahaannya beroperasi di Kertajati. "Mungkin kita harus sekali dulu (penerbangan)," kata Agus.

(Baca: Landasan Terbatas, Bandara Kertajati Hanya Jadi Transit Embarkasi Haji)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...