6 Maskapai Buka Penerbangan di Bandara Kertajati

Image title
19 Juni 2018, 15:04
Bandara Kertajati
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Bandara Kertajati memiliki landasan pacu 2.500 meter dengan luas terminal 96.000 meter persegi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini sudah ada enam maskapai yang akan membuka penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang dikenal dengan Bandara Kertajati. Keenam maskapai tersebut adalah Citilink, NAM Air, Lion Air, Wings Air, Garuda Indonesia, dan Batik Air.

Dia mengatakan enam perusahaan penerbangan ini akan mulai beroperasi dalam waktu dekat. Saat ini mereka sedang melakukan kajian pasar penerbangan dan rute potensial dari dan ke bandara tersebut. “Kan kemarin lebaran, jadi mereka masih konsentrasi pada pasar yang sudah ada (existing). Setelah studi, saya yakin itu akan cepat beroperasi,” kata Budi di Jakarta, Selasa (19/6).

(Baca: Pesawat Kepresidenan Jadi yang Pertama Mendarat di Bandara Kertajati)

Budi tidak menjelaskan lebih rinci rute penerbangan mana saja yang dibuka oleh enam maskapai tersebut di Bandara Kertajati. Dia hanya menyebutkan beberapa rute favorit yang disasar oleh perusahaan-perusahaan ini diantaranya Bali, Surabaya, Ujung Pandang, Kualanamu, dan Balikpapan.

Menurut Budi, setelah hari raya Idul Fitri 1439 H, ada beberapa maskapai yang sudah mengoperasikan pesawatnya di Bandara Kertajati. Dia memperkirakan untuk tahap awal ini, setiap perusahaan hanya akan mengoperasikan satu unit pesawat pada setiap rute, kemudian akan bertambah secara bertahap.

(Baca: Sriwijaya Air Targetkan Buka Penerbangan di Bandara Kertajati 2019)

PT Sriwijaya Air yang mengoperasikan pesawat Sriwijaya Air dan NAM Air menyatakan belum akan mengoperasikan pesawatnya di Bandara Kertajati dalam waktu dekat. Maskapai penerbangan ini perlu masih menyelesaikan persiapan yang dibutuhkan dalam membuka penerbangan di bandara tersebut.

“Kalau setelah lebaran ini belum. Kami masih persiapan infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM), dan lain-lain,” kata Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Agus Soedjono, kepada Katadata.co.id, Selasa (19/6).

(Baca: Landasan Terbatas, Bandara Kertajati Hanya Jadi Transit Embarkasi Haji)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...