Trafik Data Telkomsel, XL dan Indosat Naik Hingga 100% saat Lebaran

Desy Setyowati
20 Juni 2018, 11:05
Pengguna Telepon Seluler atau Handphone
Katadata
Ilustrasi pengguna telepon seluler dan sosial media

Beberapa operator telekomunikasi  seperti Telkomsel, Indosat dan XL mengalami lonjakan trafik data pada masa mudik Lebaran. Masyarakat paling banyak menggunakan internet untuk mengakses media sosial seperti Facebook dan Instagram.

PT Telkomunikasi Indonesia Tbk, misalnya, mencatat trafik layanan data Telkomsel pada malam lebaran (H-1) mencapai 12,89 Petabyte atau naik 22,3% dibandingkan hari biasa. Namun, jumlah itu meningkat 109% dibanding Lebaran tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mencatat, penggunaan layanan data pada saat Lebaran meningkat drastis di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik. "Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (19/6) malam.

Porsi penggunaan data terbesar adalah untuk media sosial yakni 33,7%, dengan aplikasi yang paling banyak dibuka adalah Instagram 19,3% dan Facebook 13,3%. Porsi kedua yaitu video streaming 31,3%, khususnya untuk menyaksikan siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya. Alhasil, penggunaan data untuk YouTube sebesar 24,2%.

(Baca juga: Mitra Komunikasi Laba Rp 8,87 M dari Penjualan Pulsa dan Kartu Perdana)

Setelah itu, porsi penggunaan data terbanyak adalah untuk layanan pesan instan 14,1%, seperti aplikasi WhatsApp, LINE, dan lain sebagainya.

Peningkatan tertinggi terjadi di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara sebesar 40,5% dibanding hari normal. Secara volume, trafik layanan data di wilayah tersebut merupakan yang tertinggi di tingkat nasional, sebesar 3,77 Petabyte. Tak heran memang, mengingat wilayah-wilayah ini paling banyak didatangi pemudik.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...