Kenapa Go-Jek Mendahulukan Vietnam dan Thailand Ketimbang Singapura?

Desy Setyowati
26 Juni 2018, 16:24
Go-Jek
Arief Kamaludin|KATADATA
Pengemudi ojek Go-Jek tengah menunggu penumpang yang hendak diantar ke tujuannya di Jakarta.

Go-Jek telah mengumumkan pembukaan kantor di Vietnam dan Thailand. Setelah itu, dikutip dari Tech Crunch, Go-Jek akan memasuki pasar Filipina. Sementara, Singapura yang merupakan tetangga dekat justru jadi yang paling akhir dari rencana ekspansi Go-Jek ke empat Negara di ASEAN.

Mengapa demikian? Berbeda dengan Vietnam, Thailand, dan Filipina, regulasi di Singapura tidak mendukung keberadaan ojek online. Sementara layanan ini merupakan salah satu bisnis utama Go-Jek, bahkan yang menginisiasi kesuksesannya di Indonesia.

Selain itu, Go-Jek saat ini juga masih menjajaki kerja sama dengan salah satu perusahaan taksi online top Singapura, ComfortDelGro. Namun, belum ada kesepakatan antara keduanya.

Sementara, Go-Jek mendahulukan negara lain yang tim lokalnya telah terbentuk. "Kami akan menggabungkan teknologi dengan keahlian dan pengetahuan tim lokal," kata Chief Corporate Affairs Go-Jek Nila Marita kepada Katadata, Selasa (26/6).

(Baca juga: Dari Toyota hingga VW, Perusahaan Otomotif Berlomba Danai Taksi Online)

Nila menyatakan, Go-Jek mengerti betul bahwa tantangan di keempat negara Asia Tenggara yang disasarnya berbeda dengan Indonesia, di mana Go-Jek telah menjadi pemain dominan. Namun, pada dasarnya, ada kebutuhan jasa transportasi yang cepat dan kompetitif di tiap lokasi. Juga, mitra pengemudi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin mendapat peluang untuk penghasilan tambahan.

Mengutip dari Marketing Interactive, Presiden Landor untuk Asia Tenggara Pasifik dan Jepang Nick Foley mengatakan, kehadiran Go-Jek semestinya dinanti oleh rakyat Singapura. Alasannya, setelah kepergian Uber maka Grab menjadi dominan di negara tersebut. Kehadiran pesaing baru akan membuat layanan dan harga bisa lebih bersaing.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Pingit Aria
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...