Kementerian ESDM Tetapkan Standar Euro 4 untuk Pertamax Turbo

Anggita Rezki Amelia
28 Juni 2018, 19:28
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan kandungan sulfur untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Turbo setara dengan standar Euro 4. Ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Nomor 0.177.K/10/DJM.T/2018  tentang Spesifikasi Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin (Gasoline) RON 98 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Salah satu isi dari aturan itu yakni Pertamax Turbo yang beroktan 98 itu harus memiliki kandungan sulfur 50 ppm. Keputusan yang diteken Direktur Jenderal Migas Djoko Siswanto itu berlaku 6 Juni 2018.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kemennterian ESDM Soerjaningsih mengatakan ketetapan untuk Pertamax Turbo itu bukti dukungan pemerintah serta inovasi dalam penyediaan BBM yang berkualitas dari segi kinerja dan lingkungan hidup. Rendahnya kandungan sulfur ini bisa mengurangi emisi karbon.

Selain itu untuk menjawab kebutuhan konsumen agar tersedianya BBM dengan kadar sulfur rendah, setara dengan Euro 4 yaitu di bawah 50 ppm. Sebelum aturan baru itu terbit, Pertamax Turbo yang dikeluarkan PT Pertamina (Persero) ini memiliki kandungan sulfur 300 ppm.

Ini mengacu Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 3674.K/24/DJM/2006 mengenai Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM jenis Bensin RON 95.  “Dengan adanya aturan baru ini, maka seluruh Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Umum BBM wajib mematuhi spesikasi maksimum kadar sulfur 50 ppm dalam hal penjualan BBM di dalam negeri untuk jenis bensin RON 98,” kata Soerja dikutip dari situsnya, Kamis (28/6).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...