Kementerian PUPR Akan Lelang 5 Ruas Tol Baru Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
2 Juli 2018, 21:04
Basuki
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan akan melelang lima ruas proyek tol baru tahun ini. Kelima tol tersebut adalah tol Balikpapan - Penajam, Semarang - Demak, Yogyakarta - Solo, Semanan - Balaraja, hingga Bandung (Gedebage) - Tasikmalaya - Cilacap.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) menyatakan akan berupaya menyelesaikan proses lelang ini dengan cepat. Dengan begitu, lima proyek tol ini bisa dilelang tahun ini sesuai target di tahun ini. "Semua prosesnya sudah berjalan dengan simultan," ujarnya usai acara diskusi di Jakarta, Senin (2/7).

Dia menargetkan setidaknya ada dua proyek akan memasuki pra kualifikasi lelang bulan ini. Kedua proyek tersebut adalah tol Balikpapan - Penajam dan tol Semarang - Demak. Sedangkan untuk tol Yogyakarta - Solo masih menunggu perbaikan substansi dokumen oleh pemrakarsa yakni Adhi Karya (Persero) dan badan usaha lainnya.

(Baca: 9 Ruas Tol Trans Jawa Akan Dioperasikan Juli-Desember 2018)

"Nanti akan disampaikan perbaikan, setelah disetujui pak Menteri (Basuki Hadimuljono) dan kelengkapan dokumennya. Setelah itu disampaikan penetapan lokasi dan dilelang," kata Herry.

Menurutnya, proses tender biasanya memakan waktu lima bulan. Setelah itu kepastian pekerjaan fisik tol akan bergantung dari ketersediaan tanah. Apabila belum siap, maka perlu dilakukan pengadaan dan pembebasan lahan terlebih dahulu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...