Penerimaan Negara Tembus Rp 830 T, Sri Mulyani Ramal Target Terlampaui

Rizky Alika
10 Juli 2018, 21:27
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi penerimaan negara bakal melebihi target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini yang sebesar Rp 1.894,7 triliun. Optimisme tersebut dengan melihat baiknya realisasi penerimaan sepanjang tahun ini dan potensi tambahan penerimaan imbas penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah.

"Kami lihat (realisasi penerimaan) akan 100% atau ada Rp 8 triliun lebih tinggi yang berasal dari kombinasi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan pajak," kata dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/7). Ini artinya, penerimaan negara berpeluang mencapai Rp 1.902,7 triliun tahun ini.

Meski begitu, ia masih menutup detail realisasi penerimaan negara sepanjang paruh pertama tahun ini. "Nanti kalian akan mengganggu elemen surprise dari laporan semester saya," kata dia. (Baca juga: Jokowi Putuskan Tak Ada Perubahan APBN Tahun Ini)

Gambaran soal realisasi penerimaan negara didapat dari Direktur Potensi dan Kepatuhan Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak Yon Arsal. Dalam diskusi dengan wartawan di kantornya, Selasa (10/7), ia menyebut, realisasinya per Juni telah mencapai 44% dari target yang sebesar Rp 1.894,7 triliun. Dari informasi tersebut bisa diperkirakan bahwa penerimaan negara telah menembus Rp 830 triliun.

Sementara itu, khusus penerimaan pajak, Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan membeberkan realisasinya telah mencapai Rp 581,54 triliun sepanjang semester I tahun ini. Realisasi tersebut mencapai 40,84% dari target yang sebesar Rp 1.424 triliun. Tahun lalu, realisasi penerimaan pajak semester I tercatat sebesar 39% dari target. "Jadi lebih bagus dari tahun lalu," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...