Penerimaan Minerba Enam Bulan Terakhir Sudah 73% dari Target

Anggita Rezki Amelia
11 Juli 2018, 11:10
Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi penerimaan negara dari sektor mineral dan batu bara (minerba) selama Semester I tahun 2018 sudah 73% dari target tahun ini. Penyebabnya adalah kenaikan harga komoditas, salah satunya batu bara.

Direktur Penerimaan Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Jonson Pakpahan mengatakan selama awal Januari hingga Juni 2018, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Minerba mencapai Rp 23,5 triliun. Targetnya Rp 32,01 triliun.

Capaian itu lebih tinggi daripada periode yang sama tahun lalu, Rp 18,27 triliun. Dari Rp 23,5 triliun itu, 75% bersumber dari sektor batu bara, sisanya dari sektor mineral.

Menurut Jonson, capaian penerimaan minerba sebenarnya bisa lebih besar lagi jika tidak ada kebijakan harga batu bara dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) untuk sektor kelistrikan yang dipatok maksimal US$ 70 per ton. Kebijakan DMO mau tak mau ikut mengurangi porsi pemerintah dalam penerimaan minerba.

Jonson pun menargetkan hingga akhir tahun realisasi PNBP Minerba bisa tembus Rp 40 triliun atau sama seperti capaian tahun 2017 sebesar Rp 40,6 triliun. “"Mudah-mudahan kami coba asal harga stabil,"kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (10/7).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...