Pertamina Ungkap Penyebab Lifting Blok Mahakam Tak Tercapai

Anggita Rezki Amelia
11 Juli 2018, 19:50
Rig Tasha Mahakam
Pertamina

PT Pertamina (Persero) akhirnya buka suara mengenai penyebab tak tercapainya produksi siap jual (lifting) minyak dan gas bumi (migas) di Blok Mahakam selama Semester I tahun 2018. Salah satu penyebabnya adalah kendala pada proses pengeboran.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan saat proses pengeboran ada beberapa unit sumur yang dimatikan karena alasan keamanan. Akibatnya produksi Mahakam terganggu. "Saat kami melakukan pemindahaan rig ke sana ada beberapa sumur yang harus dimatikan," kata dia di Jakarta, Rabu (11/7).

Advertisement

Penyebab lainnya adalah kondisi Blok Mahakam yang semakin tua dan mengalami fase penurunan secara alamiah. Jadi, Pertamina terus menjaga penurunan produksi tersebut.

Syamsu membantah, kinerja lifting Pertamina, termasuk di Blok Mahakam tidak mencapai target terkait dengan status Direktur Utama yang masih Pelaksana tugas (Plt). “Tak ada kaitannya. Ini karena tidak harus mengambil keputusan di Direktur utama," kata dia.

Sebelumnya, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan sudah membahas kinerja produksi itu kepada Pertamina. "Di level Persero kami sudah diskusi, tapi karena Direktur Utamanya masih Pelaksana Tugas (Plt) belum bisa ambil keputusan cepat dan keputusan strategis," kata dia di Jakarta, Jumat (6/7).

Namun, perusahaan pelat merah itu kini optimistis masih bisa mengejar target lifting tahun ini. Salah satunya caranya adalah meminimalkan terganggunya produksi dengan mematikan sumur secara parsial.

Cara lainnya adalah meningkatkan kegiatan pengeboran. “Itu belum tercapai target selama satu tahun. Jadi kami memang harus ada effort," kata Syamsu.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement