Jokowi Harap Kemajuan Divestasi Saham Freeport Ditanggapi Positif

Ameidyo Daud Nasution
16 Juli 2018, 15:54
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai anggapan miring terhadap proses pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia yang belum rampung sepenuhnya. Jokowi meminta kemajuan saat ini di tahap penandatanganan head of agreement (HoA) atau status perjanjian divestasi patut disyukuri.

 "Jangan ketika ada kemajuan, malah dibilang miring," kata Jokowi di Jakarta, Senin (16/7).

Menurutnya, negosiasi yang berlangsung dengan Freeport sangat alot dan memakan proses dan waktu yang panjang. Dia menyebut paling tidak perundingan ini membutuhkan waktu 3,5 tahun, sehingga apabila ada kemajuan patut disyukuri.

(Baca: Freeport dan Rio Tinto Sebut Kesepakatan Divestasi Tak Mengikat)

Jokowi beranggapan proses normalnya harus diawali dengan penandatanganan status perjanjian terlebih dahulu. Setelahnya proses baru akan berlanjut ke dalam tahap selanjutnya menuju divestasi saham Freeport Indonesia (PTFI).

"Saya sampaikan, kesepakatan itu (perlu) proses panjang. Dan kalau sudah HoA merupakan kemajuan yang sangat (positif)," kata dia.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) (Persero), Freeport McMoran Inc dan Rio Tinto telah menandatangani pokok-pokok perjanjian (HoA) mengenai divestasi saham PTFI pada pekan lalu. Nantinya, setelah proses penjualan selesai, kepemilikan Inalum di PTFI meningkat menjadi 51% dari sebelumnya 9,36%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...